Kamis, 12 Juli 2012

“Chasting”




1. Basic Story
Seorang mahasiswa dari sebuah fakultas per-film-an di suatu universitas yang sebenar
nya adalah mahasiswa yang pintar dan berbakat, namun di tempat kuliah nya ia tidak begitu dikenal oleh teman-teman nya, bahkan ia hanya terlihat sebagai mahasiswa kutu buku yang culun. Di kamar nya, setiap tahun baru ia akan selalu menuliskan harapan-harapan yang ia harapkan akan benar-benar terjadi tentang kehidupan nya yang menjadi indah di buku wishes-nya karena diri nya selalu percaya terhadap kata-kata bahwa “kehidupan bagaikan sebuah roda dimana terkadang berada diatas dan dibawah”. Namun pada kenyataan-nya yang ada hanya lah rencana-rencana brilliant yang selalu ia pikirkan, karena diri nya pun tidak pernah mau untuk melakukan nya yang membuat semua itu hanya menjadi angan-angan nya saja. Sehingga pada setiap tahun harapan-harapan nya selalu sama.
2.           Sinopsis

Vino sebenarnya adalah seorang mahasiswa pintar dan berbakat yang kuliah di sebuah
fakultas per-film-an dari suatu universitas, namun di tempat kuliah nya ia kurang dikenal oleh teman-teman nya karena ia sendiri adalah orang yang pendiam dan tertutup. Di kelas nya ia hanya memiliki dua orang sahabat, yaitu Doni dan Julio. Agak berbeda dengan Vino, Doni dan Julio tidak terlalu terlihat culun di tempat kuliah mereka. Doni adalah mahasiswa yang berbakat, setiap pulang kuliah ia sering berkumpul dengan teman-teman nya dari perkumpulan anak dance. Sedangkan Julio adalah mahasiswa yang pintar, disaat waktu istirahat ia aktif berdiskusi dengan perkumpulan anak pintar. Oleh karena itu, Vino sering sendirian karena diri nya sering ditinggal oleh teman-teman nya sendiri.

                Waktu pun terasa berjalan sangat lama di keseharian Vino yang sangat membosankan, namun Vino masih menanti-nanti sebuah perubahan di dalam kehidupan nya karena diri nya selalu percaya terhadap kata-kata bahwa “kehidupan bagaikan sebuah roda dimana terkadang berada diatas dan dibawah” oleh karena itu Vino tak pernah berhenti berharap akan dating nya waktu dimana kehidupan Doni berada di atas. Hingga pada suatu malam tepat di malam tahun baru. Sudah menjadi rutinitas baru semenjak diri nya kuliah, menulis harapan-harapan atau yang biasa disebut make a wish setiap malam tahun baru di sebuah buku wishes-nya. Di awal tahun 2012 ini ternyata Vino memiliki banyak harapan yang selalu diinginkan nya untuk benar-benar terjadi di kehidupan nya. Harapan yang pertama diinginkan karena ternyata diam-diam diri nya menyimpan rasa ke seorang perempuan yang cukup dekat dengan nya yang bernama Siska, sehingga ia pun berharap agar bisa menjadi kekasih Siska. Yang kedua, karena mereka sudah dua semester kuliah disana mereka pun diberi tugas untuk merencanakan untuk persiapan pembuatan sebuah film yang dijadikan sebagai hasil test akhir mereka, oleh karena itu Vino mengharapkan cerita yang dibuat dapat di-film-kan. Dan harapan yang terakhir, ia berharap dapat melawan Adit orang yang selama ini sering mengejek-ejek diri nya.

Keesokan hari nya, sebelum ia berangkat ke tempat kuliah nya, Vino mencoba untuk merubah gaya keseharian nya menjadi gaya yang lebih modis. Ia pun berangkat ke tempat kuliah dengan semangat nya. Sesampainya disana pun, teman-teman nya pun terkejut melihat perubahan yang dilakukan oleh Vino. Hari pertama kuliah di tahun baru ini, Vino merasakan suasana yang sangat berbeda, di hari itu Pak Aji yang merupakan salah satu dosen di kelas itu mulai mendiskusikan tentang cerita yang akan di film kan oleh mereka. Setelah beberapa anak telah mempresentasikan cerita yang telah mereka buat, Julio pun mengajukan diri untuk tampil mempresentasikan cerita nya, karena Julio terkenal pintar di kelas nya ia pun disambut hangat oleh tepuk tangan teman-teman nya yang yakin Julio telah membuatkan cerita yang berkualitas. Namun, ketika Julio selesai mempresentasikan cerita nya, Vino mempertanyakan mengenai kendala-kendala yang ada dikarenakan cerita Julio membutuhkan lokasi yang begitu banyak. Julio pun mengakui pendapat dari Vino tentang terlalu banyak nya lokasi yang dibutuhkan. Setelah itu Pak Aji pun langsung menyuruh Vino untuk maju dan mempresentasikan cerita nya. Tak diduga-duga ternyata teman-teman di kelas langsung bertepuk tangan setelah Vino selesai berpresentasi dan menyetujui cerita yang dibuat Vino cerita yang akan di film kan. Sepulang dari tempat kuliah pun Vino tidur dengan tersenyum namun masih dengan gaya yang culun.

Hari berikut nya, Vino bercerita kepada kedua teman nya, Doni dan Julio bahwa diri nya ingin mengungkapkan perasaan nya kepada Siska. Doni pun langsung menyambut bahagia mendengar berita itu dan langsung ingin ikut serta membantu Vino. Setelah mereka selesai bercerita, Vino pun langsung menghampiri Siska dengan ditemani oleh Doni dan Julio. Tiba-tiba, Doni dan Julio bernyanyi sebuah lagu cinta dan Vino pun langsung berlutut dan memberikan Siska sebuah bunga mawar, lalu Vino langsung menyatakan cinta nya kepada Siska. Tak disangka, Siska pun menerima ungkapan Vino kepada nya. Vino dan Siska pun menjadi sepasang kekasih, setiap hari nya mereka selalu bersama. Vino pun kembali tidur dengan tersenyum karena kehidupan nya telah berubah menjadi indah.

Di hari selanjutnya, ia bertemu dengan Adit orang yang selalu mengejek nya, namun karena hari-hari sebelum nya Adit tidak hadir ke kelas, ia pun melewati hari-hari dimana Vino sudah mulai berubah. Adit pun mengejek Adit setelah mendengar cerita Adit lah yang akan di film kan serta diri nya telah berpacaran dengan Siska. Kemudian Vino pun langsung melawan Adit dan menjelaskan bahwa kehidupan nya telah berubah dan sudah mencapai puncak. Adit pun terdiam, diri nya hanya bisa pergi dengan membawa kata-kata Vino yang masih terngiang. Entah mengapa kehidupan Vino telah sangat berubah, diri nya hanya bisa tersenyum lebar karena seluruh harapan-harapan nya telah terpenuhi.

Hingga pada suatu malam, dimana kembali lagi ke suatu malam tahun baru yaitu tahun 2013, Vino kembali ke kamar nya dan melanjutkan rutinitas nya di awal tahun baru, menuliskan harapan-harapan nya di buku wishes-nya. Entah mengapa disaat kehidupan nya telah berubah, diri nya masih melakukan make a wish. Ia pun mulai menuliskan harapan-harapan nya, yang terdiri dari berharap agar bisa menjadi kekasih Siska, mengharapkan cerita yang dibuat dapat di-film-kan, dan berharap dapat melawan Adit. Di tengah-tengah ia menuliskan harapan nya tersebut, ia terhenti lalu ia pun membuka halaman-halaman sebelumnya yang berisi tentang harapan-harapan lain nya di tahun-tahun sebelum nya. Ia pun tercengang, bahwa setiap tahun harapan-harapan nya tidak pernah berubah.

Hingga pada suatu hari nya, di saat hari-hari terakhir mereka berkuliah di kelas itu karena akan segera lulus, mereka menonton hasil film yang telah diubatkan yang ternyata film yang berasal dari cerita Julio. Kemudian, diri nya melihat Doni yang mengungkapkan perasaan nya kepada Siska yang kemudian diterima oleh Siska. Hingga yang terakhir, Vino masih saja diolok-olok oleh Adit tanpa berani untuk melawan.

Vino pun tersadar, semua itu dikarenakan diri nya selama ini hanya mau menunggu saja, tanpa ada kemauan untuk berusaha. Sekarang ia hanya dapat memandangi sepuntung bunga mawar yang sudah kering, gitar yang senar nya sudah banyak yang putus, sebuah gambar muka Siska yang sudah lecak, dan tumpukan skenario yang telah usang. Semua itu telah menjadi kumpulan barang yang tidak berguna lagi bagi Vino, karena semua kesempatan yang ia miliki sudah terlewatkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar